Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Satu Bulan

Saat tepat berusia satu bulan, kami membawa Jiwo ke bidan untuk timbang berat badan dan janjian imunisasi. Seharusnya sih sejak sepuluh hari setelah melahirkan sudah harus timbang berat badan. karena kata dokter, berat badan bayi yang baru lahir akan turun ketika dia kena udara di luar rahim ibu (dunia) dan kemudian tanda kalau dia sehat adalah berat badannya akan kembali ke berat badan saat lahir ketika umurnya sudah sepuluh hari atau lebih. Jadi kalau sudah sepuluh hari setelah lahir berat badannya gak balik seperti saat baru lahir, maka harus diperiksakan deh tuh si bayi. karena ada kemungkinan sakit atau kemungkinan jelek lainnya.


Tapi emang dasar mamah muda pemalas ya.. sepuluh hari pertama jadi ibu ya saya asik-asikan aja di rumah. Ngurus Jiwo dan menikmati setiap tingkah laku bayinya yang aneh-aneh. Gak inget (sengaja dilupain maksudnya) sama urusan timbang menimbang berat badan bayi hahahaha. Bukannya gak sayang, tapi gimana ya.. Jiwonya sehat-sehat aja tuh kelihatannya. Jarang nangis, nenennya lancar, pipis sama pupnya juga lancar. jadi ya saya tenang-tenang aja ngehehehe jangan ditiru ya. Bayi harus ditimbang setiap seminggu sekali, lalu dua minggu sekali, lalu sebulan sekali. dan setiap perkembangannya harus dicatetin di buku perkembangannya. Biar ketawan semuanya. 
Harusnya sih gitu :P

Nah, setelah sebulan dia hidup. saya mulai was-was juga tuh. Mengingat Jiwo harus imunisasi dan saya pun harus periksa bekas jahitan jalan lahir. Senyantai-nyantainya saya, tetep aja khawatir ya. Secara udah sebulan belum balik lagi ke dokter. takut ada apa-apa dan gak ketawan. Sayapun mengajak suami saya untuk membawa Jiwo ke bidan. Timbang berat badan, kontrol jahitan saya, sekaligus janjian kapan Jiwo harus imunisasi kedua (imunisasi pertama dilakukan sehari setelah lahir).

Pas sampai bidan dan timbang berat badan. jeng jeng jeng.. beratnya Jiwo sudah 5,5 kilogram. waw! Suster yang nimbang sampai nanya "sudah berapa bulan bu?". saya jawab aja enteng "baru 30 hari pas, sus". Dan susternya menganga gak percaya hahaha Yaiyalah. 5,5 kilogram itu berat bayi 3 - 4 bulan. Si gembul endut ini baru satu bulan. Bener emang firasat emak-emak, dokter bilang bayi saya sehat walafiat. sehat banget malahan. Alhamdulillah.. :)

Usia satu bulan, perkembangannya sudah banyak. sudah bobo teratur kalau malam (padahal kata orang-orang, jam tidur bayi akan teratur dan stabil saat dia udah 3 atau 4 bulan) alhamdulillah deh.. Jam begadang saya sudah bisa dipastikan dan diatur buat istirahat siangnya, Jiwo juga sudah bisa bobo miring dan makin sering, sudah bisa ngeliat (reflek gerak matanya sudah cepat), nenennya makin menggila, dan yang bikin heboh keluarga saya adalah: Jiwo sudah kuat mengangkat kepala saat ditidurkan di punggung. Alhamdulillah...

Tidak ada komentar