Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Breastpump Oh Breastpump

Karena Jiwo ini bayi ASI dan si bapaknya gigih banget buat ngasih dia ASI eksklusif, jadilah saya sebagai ibunya harus selalu siaga nenenin kapanpun dia haus. Awalnya sih lancar-lancar aja asi eksklusif, sampai hari saya harus berangkat kuliah dan wakwaw! saya bingung ini bayi kalau ditinggal minumnya apa. Susu formula is big no no!

Akhirnya saya baca-baca di blog mamah-mamah lain soal asi. Dan syukurlah saya menemukan banyak tulisan soal asi perah (asip). ternyata asi bisa diperah! yey, norak banget! Hahahaha. Tapi masalah baru dateng, merahnya pake apa? di blog-blog orang, mereka pada cerita tentang marmet (memerah menggunakan tangan). Saya coba deh, eh berhasil! Saya gape banget meres-meres payudara pakai tangan. Walaupun setengah jam merah, saya cuma dapat 30ml. Heahaha dikit banget!

Saya heran banget, setiap gak diperah, asi saya ini banjir sampai pernah ditampung dan menghasilkan setengah mangkok mie ayam, eh pas waktunya di perah malah mampet mpet. Cuma 30ml. Aneh dan saya sampai bete sama payudara saya. Gak kompak! Tapi ya Alhamdulillah.. walaupun sedikit, seenggaknya saat saya kuliah, Jiwo gak kehausan.

Seminggu pertama masih lancar-lancar aja merah tiap pagi pake tangan. Lama kelamaan, duh kok pegel banget ya. Tangan saya sampai keram dan leher saya sakit karena harus terus-terusan nunduk mengawasi si air susu. Kembalilah saya cari tau cara lain untuk perah asi. Iya, ke google pastinya. Dan hore! Saya nemu cerita-cerita soal breastpump atau pompa asi. Ternyata sekarang lagi tren banget tuh merah asi pake breastpump. Hahaha saya kuper banget ya? Maklumlah ibu baru. Meneketehe ama gitu-gituan.

Nah, kalau dulu pompa asi berbentuk terompet yang ujungnya biasanya warna merah itu lho. Ternyata sekarang penggunaan pompa jenis itu sudah tidak disarankan oleh para ahli laktasi. Selain bisa membuat payudara cidera (saya juga gak kebayang payudara itu cidera itu kayak gimana), juga sangat sangat gak higienis asi hasil perahnya. Yang sekarang lagi hits dan disarankan itu pompa asi modern (breastpump) yang saya juga rada takjub ngeliatnya. Ada-ada aja, sampe ada yang elektrik segala. Jadi si ibu tinggal duduk nyantai dan si breastpump memerah sendiri dengan tenaga listtik atau baterai. Woelahahahaha saya bener-bener kuper!

Akhirnya pengetahuan baru tentang perah memerah asi ini membuat penelusuran dunia maya saya nyangkut di toko-toko laktasi online Hahaha. Saya rayu suami dan akhirnya sukses beli satu breastpump manual merk Tommee Tippee. Harganya 260.000 sudah dapat bonus breastpad, cup feeder dan storage box. Tadinya sih mau beli yang elektrik. Tapi harganya waw banget! Satu breastpump dengan satu cup bisa mencapai satu juta lebih. mending uangnya ditabung deh buat makan bakso sampe pingsan sekolah Jiwo nanti. Beli yang terjangkau aja deh, gak elektrik juga gak apa-apa, yang penting gak meres asi pake tangan kosong lagi. Pegel cyin!

3 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mbak, breastpump Tommee Tippee enak dipake gak? saya kepikir pengen beli itu, tapi masih ragu2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di payudara sih nyaman, tapi karena manual, jadi tetep aja pegel narik tuasnya. Cuma botolnya bagus, pas buat bayi karena nipplenya kayak punya payudara asli. Tapi kalo suruh milih sih, saya mending pake merk Little Giant, harganya sama, tapi udah semi elektrik. Jadi gak pegel. Hihihi :D

      Hapus