Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Belekan pada Mata Bayi

Sejak lahir, mata bayi saya ini banyak kotorannya. Bahasa gaulnya sih belekan. Sampai terkadang matanya lengket karena belek dan susah dibuka. Pernah juga sampai pinggiran matanya lecet karena gesekan kotoran-kotoran yang sudah mengering. Saya sempat panik bukan main. Duh, takut matanya kenapa-kenapa. Kan kasian masih bayi. Saya sempat pusing gara-gara Belekan pada Mata Bayi ini.


Setelah tanya orang tua, mertua dan google (selalu), akhirnya saya tau kalau kotoran mata pada bayi ini wajar. Kata orang tua saya sih, itu namanya lagi membersihkan diri dari kotoran lahir. Jadi kotoran bawaan rahim dikeluarin semua. Termasuk melalui mata dalam bentuk belek. Gak usah khawatir, nanti juga hilang sendiri asal rajin dibersihkan. Dibersihkan dengan tujuan supaya anaknya nyaman. Wah.. Syukur deh.

Soal membersihkan, saya pakai cara ala google. Yaitu dengan kapas yang dibasahi air matang. Cara membersihkannya adalah dengan mengusap pelan-pelan si kapas dari sisi dekat hidung ke sisi dekat telinga. Jangan sebaliknya, nanti kotorannya malah bisa masuk lagi ke mata. Tadinya saya mau pakai cara ala Mama saya, dengan mengoles air pipis si bayi ke matanya sendiri. katanya sih supaya si kotoran luruh bersama air pipis yang kita oleskan. Tapi aduh. Saya gak berani. Masa air pipis yang banyak bakterinya dioles ke mata. Bisa-bisa tambah parah.

Berkat google juga saya menemukan mengatasai Belekan pada Mata Bayi dengan pijat mata untuk memperlancar keluarnya air mata bayi. Ini juga bisa mengobati kotoran mata pada bayi. Jadi, air mata lancar keluar dan kotoranpun ikut keluar setiap dia menangis. Caranya adalah dengan pijat lembut daerah tulang hidung dengan kelingking kita. Di beberapa blog lain ada gambar cara pijatnya kok. Saya hanya melakukan pijat ini beberapa kali. Saya takut salah pijat. Jadi saya memilih untuk membiarkan saja mata bayi saya sampai sembuh sendiri. Yang penting kan rajin dibersihkan.

Tapi.. Suami saya gak setuju kalau dibiarkan gitu aja. kasihan anaknya kalau kelamaan belekan. Akhirnya kami memilih cara kuno nan sederhana untuk mengobati mata belekan ini. Yaitu dengan menjilat matanya setiap bangun tidur dan dengan mengoles perasan kunyit di jidatnya setiap sore. Kata mertua saya, ludah ibu adalah obat yang manjur untuk penyakit luar bayi. Dan kunyit, adalah antiseptik kuno yang bisa menyembuhkan mata bayi.

 

Alhamdulillah.. setelah dua bulan, kotoran mata Jiwo sudah jarang kelihatan. Malah mata kanannya sudah sembuh total. tinggal mata kiri yang terkadang masih keluar kotoran. Entahlah kesembuhan Belekan pada Mata Bayi ini karena obat yang mana. karena ludah saya, perasan kunyit, atau malah karena memang sudah waktunya sembuh. Yah apapun itu, saya senang sekali mata Jiwo sudah bersih dari kotoran. sudah bisa melek sempurna bahkan sudah jago lirik-lirik! hihi senangnyaaa :)

2 komentar

  1. Kalau untuk bayi saya juga kurang tau Mama jiwo, tapi biasanya kalau belekan pake air rendaman kembang Telang/Teleng yang warnanya ungu tua itu.

    BalasHapus
  2. hmmm...anakku pernah belekan tp ga lama dan ga banyak juga sih mba... Jadi aku g prnh cari tau sampe segitunya utk bersihin... tp jd tau kalo ini normal ya.... udh kuatir aja sakit mata

    BalasHapus