Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Menggunduli Bayi Pertama Kali


Sebenernya agenda menggunduli bayi pertama kali ini udah lama. karena kata orang tua, rambut lahir harus segera dibuang setelah 40 hari supaya kotor-kotornya pergi. tapi ya gimana ya. namanya juga saya dan suami. soal mengurus bayi ngertinya cuma begitu-begitu aja. boro-boro nyukur sendiri si bayi, nyampoin aja masih belepotan.

Eyang kakungnya janji, akan segera ke rumah dan membantu menyukur Jiwo supaya kepalanya segera gundul. tapi apa mau dikata. hampir satu bulan, eyangnya selalu datang ke rumah malam-malam. Urusan kerjaan dan jarak rumah kami yang cukup jauh jadi kendala. Yasudahlah, pasrah kalau memang yangkungnya tidak bisa datang ke rumah. Mau gak mau, harus ada orang lain yang bantu menggunduli Jiwo dan pilihan orang lain itu jatuh pada bapaknya. Hasil paksa dan rayu saya berhari-hari membuahkan hasil manis dan nekad. Muahahaha

Ternyata menggunduli bayi pertama kali gak seribet yang saya bayangkan. asal bayinya tenang dan alat cukurnya baru (supaya masih tajam), acara cukur akan berjalan lancar. kuncinya satu, hati-hati dan super sabar. Bayi kan suka tiba-tiba bergerak tanpa kasih aba-aba (yaiyalah), dan kalau ditengah acara cukur dia tau-tau nangis atau malah rewel, ya harus ekstra sabar menunggu sampai dia tenang lagi baru kemudian acara cukur dilanjutkan. Malah lebih baik kalau acara cukur dilakukan ketika bayi sedang tidur. Srat sret srat sret tanpa perlu ada acara nangis dan rewel.

Dan inilah hasil jerih payah saya dan suami saya menggunduli Jiwo. pastinya ada acara nangis, senewen, gak sabaran, gregetan, dan takut. tapi Alhamdulillah.. walaupun cukurannya gak rata, tapi ternyata kami berhasil menggunduli anak kami sendiri. Yippie!

Oh iya, karena mencukur sendiri ini saya jadi tau. ternyata bayi yang baru pertama kali di gundul, di kulit kepalanya masih banyak menempel kotoran lahir. semacam daki tapi tebal dan banyak. ini wajar dan umum kata Mama saya. Tinggal dibersihkan saja. setelah kepala si bayi gundul, ambil kapas yang sudah dicelup ke baby oil, lalu gosokan pelan-pelan ke kulit kepalanya. nanti si daki akan rontok kebawa kapas dan si bayi akan melontos dan mencling. hihi :D

Tidak ada komentar