Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Belajar Merasa Cukup dengan "Tadi Sudah.."

Namanya anak-anak, kalau sudah suka sama sesuatu, pasti susah ya buat ngelepas. Jiwo dulu begitu, kalau udah seneng sama sesuatu, disuruh berhenti atau melepas, rasanya kayak nyuruh dia nguras kamar mandi 3 hari 3 malam. Susah mitamit! Biasanya, yang susah itu kalau dia udah naik kereta putar di pasar kaget. Gak mau tuh disuruh turun. Harus ada adegan gendong paksa trus rewel dulu bentar.



Sejak itu, saya selalu berusaha memberi dia pengertian, kalau tadi sudah.. berarti sudah. Setiap dia naik permainan kesukaannya (kereta putar, odong-odong, khoniciwa, dll), saya biasanya memotret atau merekam dengan smartphone. Setelah dia selesai main, saya kasih tau berkali-kali “Jiwo sudah.. Naik keretanya sudah.. Main bolanya sudah..”. Kalau dia kekeuh minta lagi, saya tinggal menunjukan foto atau video rekaman dia bermain tadi. Ini ampuh. Biasanya dia ‘ngeh’ kalau dia memang betul betul sudah main, dan itu cukup. 

Tapi setelah itu saya janjikan, besok atau lain waktu, Jiwo pasti main lagi. Supaya dia tau, dia masih bisa main lagi tapi gak terus-terusan saat itu.  Alhamdulillah.. ini ampuh membuat belajar merasa cukup. Kalau sudah ya sudah. Walaupun senang, tapi gak perlu diladeni terus menerus saat itu.

Eh, siapa sangka, konsep ‘tadi sudah’ ini terekam baik di memori Jiwo. Kemarin, waktu dia main sama eyangnya di mall, dia diajak naik kereta putar. Setelah main, Jiwo minta main perosotan di playland. Tapi karena mahal dan lama, gak dikasih sama eyangnya. Si eyang yang notabene Papa saya ini sok ide, biar Jiwo gak merengek terus minta ke playland, Papa bilang “Naik kereta lagi aja yuk! Kereta thomas kesukaan Jiwo..”. Eh, Jiwonya jawab “Moh.. Di dah..”, artinya “Gak mau.. tadi sudah..”. Saya kontan ngakak. Papa saya salah ngetrik. Hahahaha

Keulang lagi waktu Jiwo diajak Papa saya jalan-jalan. Namanya eyang ya, kan seneng mengiming-imingi cucunya dengan hal yang cucunya suka. Nah, sebelum berangkat Jiwo saya kasih nyamnyam kesukaannya. Pas di mobil, si Papa bilang sok malaikat “Nanti eyang beliin nyamnyam, mauuu?”. Ya keluarlah jawaban andalan Jiwo “Di.. dah..”. Seketika Papa saya gagal jadi eyang baik hati nan dipuji puji cucu. Muahahahaha

Belum tau pelajaran merasa cukup ini bisa melekat di kepala Jiwo sampai kapan. Untuk beberapa hal yang dia suka buanget dan lagi asik-asiknya, konsep ‘tadi sudah’ ini masih suka kalah. Nonton video Tayo misalnya, mau tadi udah diputer ratusan kali, tetap gak ada “di.. dah..” di kamusnya Jiwo. Terooos aja sampe emaknya bosen. Gapapa deh, namanya juga belajar ya nak :*

5 komentar

  1. Klo nonton sesuatu memang kadar cukupnya susah ngontrolnya Pung. Faris juga gitu, nonton boboiboy mbok sudah ratusan kali ya ga pernah 'tadi sudah'. Sampe brekele tuh dvd plus apal dialog sampe ke titik komanya semua :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai hafaaaal ya Mak Uniiiek, Faiz juga boboiboy mpe hafal di luar kepala lagune. Jiwo keren dan nurut ama mamaknya..di dah

      Hapus
  2. Sama mak Pung, klo udah ama yg disenengi tuh bikin naik tensi emaknya. Klo kedua anak saya seneng bgt ntn video the whell on the bus maunya lagu ituuu terus tapi videonya harus beda, huh ampe kuota inet entong,

    BalasHapus
  3. Klo nadia dlu nonton barney...entah brp juta x pun diliat ga da bosennya. Bahkan dia sampe apal gerakan dan lagu2nya..sekarang gantinya upin ipin.....
    Dooohhh simbok jeleh nonton iku terus

    BalasHapus
  4. He he sama... anak2 ku dah mpe hafal dialog nya masha ato ipin upin ples sekarang bang jarwo ma adit tetep aja di tonton

    BalasHapus