Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Ke Luar Kota Berdua Batita, Berani?

Pernah baca cerita saya kapok bawa Jiwo ke luar kota? Waktu itu saya beneran kapok. Gak mau lagi deh bawa Jiwo ke luar kota sebelum dia 3 tahun. Karena rempongnya itu banget banget. Eh... kapok tinggalah kapok, ternyata saya gak selemah itu. Ngah! :)) 
Beberapa hari lalu, saya baru aja melakukan perjalanan Purwokerto, Depok, Bandung, Kroya, sama Jiwo. Dahsyatnya, kali ini perjalanan kami lakukan berdua. Iya, BERDUA! Kebayang dong, dulu kapok bawa batita ke luar kota, eh sekarang nekat ke luar kota cuma berdua. Saya pun sempet ragu, tapi ya nekat aja deh. Nyatanya bisa, selamat sampai balik lagi. Alhamdulillah x))



Dari Purwokerto ke Depok, saya masih nebeng mobil Papa. Rame-rame sama keluarga. Tapi, satu mobil itu isinya adek-adek semua. Abege SMP dan SMA yang diminta tolong buangin diapers bekas aja ogah. Jadi walaupun aman dalam mobil Papa, Jiwo tetap jadi urusan saya sendirian. Dari makan, tidur, main, buang air, bahkan mabok selama kendaraan, saya tangani sendirian. Nah, giliran pulangnya saya betul-betul hanya berdua Jiwo naik kendaraan umum. Eng ing eng...

Perjalanan kali ini, dalam rangka hura-hura saya (akhirnya) wisuda, sekalian mudik ke rumah orang tua. Repot? Jelas. Capek? Banget. Rempong? Jangan ditanya. Tapi, perjalanan jauh berdua anak betul-betul quality time. Kami jadi semakin dekat, semakin belajar satu sama lain, dan memanen buanyak pelajaran berdua.

Saya, belajar untuk tangguh, karena mau gak mau saya mengurus Jiwo sendirian tanpa bantuan suami atau pengasuh. Bawa 1 koper, 1 tas slempang besar, 1 tas pundak, 1 plastik besar berisi penuh, dan memastikan Jiwo selalu dalam gandengan, sama sekali bukan hal yang mudah. Saya sempat mau nangis waktu mau turun kereta, gak menemukan portir satupun. Jadi, semua bawaan besar dan berat itu saya turunkan dari kereta bersamaan dengan menggendong Jiwo. Beuh..

Saya juga belajar untuk sigap, karena saya sadar Jiwo cuma punya saya selama perjalanan itu. Jadi, saya selalu siap kapan saja Jiwo butuh makan, nyemil, buang air, susu, atau sekedar hiburan karena bosan. Saya memastikan semua keperluan Jiwo ada di tempat yang tepat, jadi kalau butuh, saya gak rempong sama urusan bongkar-bongkar tas. Mengecek bajunya apakah masih nyaman atau sudah basah keringat, diapersnya sudah penuh atau belum, makanan untuk dia bisa dibeli di mana, cemilannya terbawa semua, dan memastikan semua tempat gaul yang kami datangi sudah check in di sosmed. MUAHAHAHA

Apa yang paling terasa berat saat berpergian jauh berdua batita? Hmm.. Buat saya sih, menjaga mood sendiri. Itu susah banget! Ada saatnya saya udah capek banget tapi gak mungkin istirahat karena Jiwo masih pecicilan. Di saat yang sama, Jiwo rewel dan ada sesuatu yang salah (susu tumpah, cokelat belepotan, makanan berceceran, dll), itu sulit banget buat gak geram dan ngedumel. Ada saatnya juga lagi ribet-ribetnya ngurusin barang dan anak, tau-tau ada orang nyemprot “Buruan dong mbak!”. Atau Jiwo lagi rewel karena pup di jalan, ada orang yang ngomel “Mbak.. Anaknya tenangin dong, berisik!”. Duhilah, ini urusan pup aja saya bingung bersihinnya gimana, masih juga kudu kena omel orang.

Tapi dibalik itu semua, saya sangat menikmati perjalanan berdua Jiwo ini. Seru dan bikin nagih. Paling penting, perjalanan berdua betul betul bikin kami makin lengket. Makin kayak soul-mate di kaos kaos couple kekinian. Kali ini gak kapok, malah pengen lagi. Besok besok, kita coba yang lebih jauh ya, dek! :D

9 komentar

  1. Aku pernah mikir kalo noofa pup di jalan pung, tapi noofa udah sama sekali ga mau pake diapers kalo perjalanan, pernah aku pakein juga kering, dia ga pernah mau pipis di diapersnya. Tapi kalo pekalongan smrg kan emang deket ya.. Aku pernah ke blora juga ga makein dia pampers,. Kadang merasa sedihnya saat noofa malah ngempet pipis ituu lhoo pung..

    Rempong kalo udah mulai rewel, noofa kalo mau todur begitu, berdua, bawa ransel gede! Noofa rewweel, omigot...

    BalasHapus
  2. seru ya mak keluar kota sama anak tanpa suami atau pengasuh...maksudnya seru-seru rempong :)

    BalasHapus
  3. Wihhhh hebatttt... :)

    Saat anak2 seusia jiwo sy ga bkl sanggup bepergian berdua kynya. Apalg keluar kota dan naik umum. Mak pungky hebat 😊😊

    BalasHapus
  4. Aku waktu mudik kemarin ke Indo, bertigaan doang sama anak2. Bhahahaha. Yang paling repot itu, kalau pas di pesawat pengin pipis, tapi anaknya lagi pada bobo. Takut aja gitu kenapa-kenapa. :((( Mana barang bawaan juga berharga. Meski isi tasnya cuma lipstik sama bedak doang. :D

    BalasHapus
  5. Dulu sering banget berdua sama Keisya, Semarang-Yogya, Jakarta-Semarang. Tapi pas si kembar lahir nggak pernah bawa anak-anak sendirian. Kuakui I'm not a supermom :D

    BalasHapus
  6. Aku kalau bepergian sama anak2 berusaha agar ga dirempongin tentengan. Jadi sebisa mungkin semua diringkas, skip semua yg ga perlu. Seperti diaper, bawa yg cukup utk di jalan aja, maks 5. Selebihnya beli di tempat tujuan. Kecuali tempat tujuannya daerah terpencil yg ga ada super market. Baju2 pilih yg tipis2 & ga kusut. No way for jeans. Bekal bawa buah berkulit. Pokoknya berusaha banget supaya cuma nenteng 1 ransel. Hahaha. Banyak banget yg di skip :)

    BalasHapus
  7. Hebat dirimu mak, aku seumur-umur sampe anak udah gede blm pernah pergi berdua aja sama anak. Selalu bareng suami kalo perjalanan jauh, repot pasti ya

    BalasHapus
  8. Wahhhh Jiwo hebat
    Tante juga pernah nyampe Papua berdua sama Kakak Aleisha (2 tahun)
    Seru yaaa Jiwo ngebolang sama mama :)

    BalasHapus
  9. keliling Jakarta + Depok berdua anakku, sering
    blm pernah nyoba keluar kota berdua anak

    suatu hari :)

    BalasHapus