Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

#JepretanJiwo: Bermain Focusing bersama Octonauts!


Jiwo udah gape kalau soal megang DSLR, dia udah ngerti cara nyalain, matiin, mencet shutter, melihat hasil gambar, sampai cara meletakan yang enggak bisa sembarangan. Udah paham deh, megangin dia kamera mahal gitu, saya nggak pernah khawatir karena tau nggak bakal dibanting apalagi dilempar-lempar.

Buat ngedampingin minatnya yang satu ini, saya dan mas suami jadi sering meladeni dia latihan motret. Tadinya dia jeprat jepret ya diemin aja bodo amat, makin hari makin liat dia seneng main kamera, akhirnya kami arahin. Kami kasih tema belajar. Biar nggak tersesat kek jalan asmara. Yailah.


Untuk pertama, bermain focusing. Kami nyebutnya bermain bukan latihan, karena memang sambil main-main nggak yang serius bener gitu. Selama ini Jiwo masih suka meleset, dia masih asal pencet shutter asal jepret. Main focusingnya sama para Octonauts, dia sendiri yang minta. Ya namanya juga balita ya, belajar harus dibarengin hal-hal yang dia suka. Biar hepi terus suasananya.

Kami jelasin kalau Octonauts itu namanya objek, yang difoto. Jadi mereka harus jelas, harus bagus. Ini pakai kamera Nikon D80 lensa fix 50mm. Langsung kami kasih fix biar lebih ketara focusnya, dan biar dia lebih nancep juga belajarnya. Kalau pakai kit atau wide gitu, asal jepret juga bisa kan semuanya fokus.

Ini hasil foto-fotonya. Cuma saya resize, tanpa edit sama sekali. Semuanya asli Jepretan Jiwo :D




Meteringnya masih kami yang set, iyalah itukan bagian paling susah dari belajar motret yes. Masih pakai tripod juga, tapi besoknya kami main lagi dan udah mulai lepas tripod. Jadi mau gak mau fokusnya lebih gampang meleset. Hasil pas sesi lepas tripod, saya bikin di postingan yang lain ya.

Kalau focusing ini udah gape, selanjutnya kami bakal bermain komposisi. Yay, nggak sabar! Semangat terus main-main kameranya ya, bocah tengilku :*


1 komentar