Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Sudah Bisa One sampai Ten

Soal angka atau huruf, saya sama sekali gak pernah mengajari Jiwo secara khusus. Alesan utama ya males sih emang (jangan ditiru), tapi alesan kerennya, saya merasa dia masih terlalu kecil buat belajar gituan. Jadi ya biarin aja lah main main dulu, belajar huruf atau angkanya nanti saja kalau dia sudah pengin dan saya sudah gak males ngajarin. nyahahahaha

Eh eh eh, ternyata sekarang umurnya yang belum 3 tahun (saya lupa dia tepatnya berapa bulan sekarang, maap xD), sudah bisa merunut angka 1 - 10, pakai bahasa inggris lagi! Jadi si balita ngocol ini sering tuh ngitungin apa aja yang dia temui. Entah mainan, sendok, batu atau pup kucing (serius). Trus dia ngoceh deh sendiri.. one.. tu.. ti.. poh.. pais.. sik.. epen.. iyet.. nain.. ten.. Hore, sudah sampai sepuluh!


Setelah diselidikin, ternyata dia bisa ngerunut angka karena sering nonton video nyanyi nyanyi di youtube. Kan banyak tuh yang bermain angka, huruf dan warna. Saya kira cuma teori doang, ternyata beneran lho video anak-anak gituan cepet banget buat ngajarin anak-anak. Jiwo nih contohnya, tau tau bisa sendiri. Padahal emaknya gak ngapa-ngapain, cuma modal ngasih dia tab sama bukain youtube, nanti dia pinter tuh milih milih video yang dia mau, udah deh biarin aja nonton sampe klenger. Emaknya yang gemezt ini gegoleran sambil main instagram di sebelahnya. Setiap hari begitu, tau tau si anak pinter keminggris. Praktis ye? x))

Gak cuma ngerunut One sampai Ten lho (iya, dia malah belum bisa yang bahasa Indonesia karena videonya dari luar semua), Jiwo malah sudah bisa mengenal bentuk angka. Saya tadinya gak tau tuh, saya kira dia cuma hafal aja One sampai Ten karena sering dengerin lagu, eh beberapa hari lalu dia main main hape saya. Buka kalkulator, terus sambil ngucap One sampai Ten, dia mencet mencet keypad sesuai angka yang dia sebut. Bener? Bener semua!! Saya takjub lah. Waaaah, pinter banget anaknya ibu tukang goler yah xD

Walaupun sudah hafal angka, baik bentuk maupun pengucapan, saya tetep gak memaksa dia belajar lebih lanjut. Gak saya terusin dengan belajar huruf, atau dengan hitungan. Saya biarin aja, supaya belajarnya alami. Ya itu tadi, gadget ternyata ada manfaatnya juga kalau kita gak kebablasan. Jiwo yang pilih sendiri videonya, dia menangkap sendiri, belajar sendiri, bisa sendiri. Hore! :D

5 komentar