Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Main Tepung Warna Ala Ubii


Jiwo itu, termasuk anak yang rempong bin ribet dan rese kalau soal mainan. Mainan dia itu sekeranjang guede, belom lagi mainan-mainan yang bisa dinaikin, rumah sampai penuh! Tapi, dari seabrek-abrek mainannya itu, dia cuma betah dan suka sama satu: vespa. Jadi mainan sekeren, semahal, dan selucu apapun, paling dia bertahan main cuma 10 menit. Abis itu bosen dan dia memilih untuk ngorek-ngorek tanah di kebun atau ngerecokin ibunya kerja cuma buat liat video bis di komputer.


Saya sering banget mati gaya kalau nemenin dia main.. Dia itu tipe-tipe pantat gatel kalau kelamaan di rumah. Jadi ya mainannya dia itu tanah, pohon, daun, aspal jalan, batu dan hal-hal yang ada di alam dan gratis. Tapikan saya dan pengasuhnya gak bisa setiap saat yaa memenuhi keinginan dia untuk ngorek-ngorek tanah atau lempar-lempar kerikil ke got. Ada saatnya dia harus diam di rumah dan bebas deh tuh mainan sekeranjang gede mau diapain. Asalkan di rumah, karena main di luar rumah ada waktunya. Dan seringnya sih berujung dengan saya ngalah kerjaan ditunda dulu, komputer ganti singasana, asal si gembul nguwil ini bisa anteng di rumah nonton video-video koleksinya -_-'

Sampai suatu hari saya nemu postingan Mami Ubii soal mainan seru nan murah ala mereka. Jadi, mengajak anak untuk mainan warna cuma bermodal tepung terigu dan pewarna makanan. Bikinnya gampang! Tepung terigu dicampur air sampai kental (sesuai selera), terus ditetesin pewarna makanan. Kalau udah diaduk, jadinya tuh kayak cat air gitu.. Bedanya, yang ini aman kalau tertelan anak-anak. Wah sip deh! Pikir saya, teksturnya kan kayak tanah, apalagi ini warna warni, Jiwo pasti suka!

Pas saya bikin, wuih, Jiwo seneng banget tuh liat warna-warnanya. Kalau pertama diaduk kan jadi swirl swirl gitu ya.. Dia keliatan gak sabar banget mau main. Saya taruhlah itu warna-warna dan kertas di lantai, saya sediakan juga sebaskom air untuk cuci tangan. Awalnya saya contohin, coret-coret kertas pakai jari yang dicelup ke pewarna. Dia ngikutin. Lima menit pertama, mukanya hepi banget. Lima menit selanjutnya, saya cuci tangan karena harus ngerjain kerjaan rumah yang lain. Mumpung dia anteng, saya tinggal deh dia main sendirian. Pas saya balik lagi, eng ing eng... kertas-kertasnya masih kosong! -_________-

Jiwonya ngapain? Tuh, sibuk nyuci tangan sekalian sama tatakan plastik tempat pewarnanya. Dicuci bersih semua sama dia. Terakhirnya, kertas yang berwarna diguyur sama dia pakai air. Jaelah tooong.. kenapa jadi bersih-bersiiiihhhhhh... Kita lagi main mewarnai keleuuus.. bukan lagi belajar bersih-bersih :))))


Merasa gatot, besoknya saya coba lagi.. Lumayan bisa bikin dia anteng setengah jam sama satu mainan. Langka banget! Saya bikinin lagi, saya sediain kertas lagi, saya contohin lagi.. Gak mau kecolongan, yang kedua ini saya awasin terus sampai dia beneran oret-oret kertas. Pas gilirannya dia, dia kabur dooong, ngambil stik es krim. Trus stik es krimnya dicocol ke pewarna, baru deh di oret-oret ke kertas. Saya gemes banget nih udah, saya peganglah tangannya dia, saya paksa biar nyemplung ke pewarna. Eh, sukses besar... nangislah dia gara-gara tangannya kotor! hahahahaha dan nangisnya cuma bisa diberhentikan sama sebaskom air buat dia cuci tangan. Dan cuci cuci semua peralatan mewarnainya.


Oke ya Dek, cukstau aja! Giliran mainan tanah, hepi bener itu kuku sampe pada item. Giliran dikasih mainan aman dan bagus warna warni, you olang sibuk cuci-cuci bersih-bersih. Bebas deh Dek.. bebas..

*ngorek-ngorek tanah*

3 komentar

  1. Hahaha....tos jiwo,kok kecilnya sama ya demen main tanah ^^

    BalasHapus
  2. Eh Jiwo hobinya cuci-cuci yak, sekalian dong piring2 di rumah Ubii :p

    BalasHapus
  3. hahaha .. itu jiwo sukanya bersih2 .. wah awal yang sangaat bagus .wkwk

    BalasHapus