Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Mencintai Indonesia, Sesederhana Doa

Setiap ada orang nanya nama anak saya dan saya jawab, kebanyakan penanya akan membalas dengan muka heran dan mengulang nama yang saya sebutkan, “Jiwo?”. Dan saat seperti itu, saya selalu dan selalu mempertegas sambil menyebutkan lengkap kata pertama namanya, ‘Iya, Jiwo. Sujiwo..”.


Saya sadar betul, di tengah kehidupan modern Indonesia, nama anak saya sedikit kuno dan aneh di dengar, Sujiwo. Malah banyak yang bilang nama ini ndeso, kampungan. Harusnya nama anak sekarang itu sedikit kebule-bulean, atau minimal keArab-araban, atau minimal banget gak usah ada Jawa-jawanya. Kalau sudah ada yang ngomong begini, saya selalu ambil sikap gak peduli. Buat saya, nama anak adalah doa. Adalah identitas. Sesuatu yang terus ada selama hidupnya, bahkan ketika dirinya tinggal sejarah. Biar ndeso, itulah identitas yang saya lekatkan pada diri dan jiwanya.

Sujiwo. Saya pernah tulis di sini, nama ini berasal dari bahasa Jawa. Su dan Jiwo. Su berarti baik, dan Jiwo berarti Jiwa. Kalau disambung, arti secara keseluruhan adalah ‘jiwa yang baik’. Nama lengkapnya memang mengandung bahasa Yunani dan Rusia. Tapi kemudian, kata terakhirnya tetap kembali pada Indonesia. Sujiwo Arkadievich Pramukti. Saya juga pernah bilang di sini, bahwa secara keseluruhan, saya ingin anak saya menjadi manusia berkepribadian lokal, dengan wawasan International. Makanya nama Jawa dan Yunani Rusia nya berdempetan, Sujiwo berpadu Arkadievich, kontras namun pas.

Saya dan suami, memilih nama Sujiwo jauh sebelum dia lahir. Bahkan jauh sebelum kami menikah. Namanya orang pacaran, tentu ada fase ngobrolin masa depan ala-ala pasangan sudah lamaran. Dulu, rencana kami adalah, akan menikah dan memiliki dua orang anak. Anak laki-laki diberi nama Sujiwo Joko Satrio (jiwa yang baik pada laki-laki ksatria), dan anak perempuan akan bernama Anna Vasili Gayatri (perempuan berjiwa ratu yang dermawan dan perkasa). Tapi sayang seribu sayang, kami hanya bisa merencakan, segalanya tetap orang tua dan mertua lah yang menentukan. Nama Sujiwo Joko Satrio mau gak mau dibuat sedikit kekinian dengan berubah menjadi Sujiwo Arkadievich Pramukti. Kalau kata anak gaul, huft pake bingits.

Sekalipun nama Sujiwo Joko Satrio kandas, kami tetap gigih memperjuangkan nama Sujiwo. Nama anak laki-laki kami harus ada Sujiwo nya. Harus. Karena buat kami, Sujiwo adalah jiwa Indonesia yang kami berikan padanya. Nama yang akan membuat setiap ia dipanggil, mengembalikan ingatan pemanggilnya pada Indonesia.Membuat semua orang tau bahwa dia adalah laki-laki yang lahir di tanah Jawa, tanpa perlu dijelaskan. Membuat dunia tau, bahwa Indonesia punya nama yang gak kalah keren daripada nama kebule-bulean seperti kebanyakan anak sekarang.

Seorang teman saya pernah menulis, "Ini yang menarik, Pung. Sekian panjangnya dan bagusnya nama itu, kamu tetep maunya manggil Jiwo. Biasanya, ortu modern jaman sekarang mana mau anaknya pake bahasa Jawa gitu. Kalo pun iya, mesti manggilnya Arka deh, atau Evich-nya.".

Saya selalu punya mimpi, suatu hari nanti anak saya akan berada di negeri orang dan mengharumkan nama Indonesia di sana. Dan saat itulah saya percaya dia akan bangga dengan namanya. Dia tau bahwa kecintaan orang tuanya pada Indonesia, sesederhana menyematkan doa, pada sesuatu yang melekat dalam dirinya, seumur hidup. Bahkan ketika ia sendiri telah menjadi sejarah.

8 komentar

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan :Aku Dan Indonesia di BlogCamp
    Dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Jiwo, nanti kl udah tenar d Luar Negeri inget Bude Dwina ya (indonesian bgt kan) xixixi....

    BalasHapus
  3. Arka juga bagus. Bahasa Sanskerta :)

    BalasHapus
  4. jiwo... harumkan nama Indonesia....

    BalasHapus
  5. beneran ka, jaman skg orangtua muda berlomba-lomba ngasih nama kebule-bulean atau minimal keartis-artisan buat anaknya --"

    Sujiwo, dari nama aja identitasnya udah jelas banget, pasti orang jawa, gak mungkin salah :D

    BalasHapus
  6. namanya jiwo keren Pung..seperti Bo alias pramudita yang asli Indonesia sekali ;)..cheers et semoga menang yaaaa..

    BalasHapus
  7. sama kayak aku su...baik *toss dulu jiwooo arkadievch rada susah spellnya

    BalasHapus
  8. apalagi namakuuu... Kaswarganti getooo... jowo pol-polan, jowo kelas kakap :) cubak maknyak jiwo tau ndak artinya, itu full dari Bahasa Jawa loh ;)

    BalasHapus