Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Belajar Solat

Ini saya yang norak apa gimana sih? Kok kayaknya seneng banget anak saya bisa solat. Soalnya saya liat anak-anak lain seumurannya, jarang banget ada anak dibawah 2 tahun udah ngerti solat. Malahan, kalau di mesjid kayak teraweh gitu, saya biasanya liat anak-anak dibawah 2 taun itu masih suka nangis kalo ibu atau bapaknya solat. Paling sering kalau solat IED, pemandangan balita nangis ditinggal solat tuh udah umum banget. Makanya, saya bangga semi semi norak sama Jiwo, di usianya yang baru 20 bulan, dia sudah mau belajar solat bahkan bisa menirukan dengan semi semi bener. Hihihi Alhamdulillah..

Solatnya sih masih ala dia ya.. Minta dipakaikan sarung, minta digelarin sajadah, trus dia berdiri di tengah-tengah sajadah, angkat tangan, trus berdiri mematung ala orang solat. Trus nungging-nungging ceritanya sujud, trus duduk Tahiyat. Setiap ganti gerakan, dia bakal teriak "Baa...", maksudnya itu takbir "Allahuakbar.." kayak orang solat seharusnya gitu.. Selesai solat, dia makin bikin saya bangga dengan kebiasaannya duduk dulu di sajadah dan mengadahkan tangan. Ceritanya doa.. trus dia usap kepala (iya, dari rambut sampai dada kadang perut) sambil bilang "In..." yang berarti Amin.. Sebagai penutup, dia akan mencium tangan partner solatnya. Hihi Anak pinter, solatnya lengkap! ^_^



Dan saya terharu cenderung lebay, saat setiap selesai solat dan doa, Jiwo pasti langsung minta dilepas sarungnya. Trus sarungnya dikasihkan ke partner solatnya supaya dilipetin, dianya ngapain? Dianya beberes sajadah, lipet-lipet (yang sebenernya kuwel kuwel), lalu diletakkan di tempatnya. Malahan kalau partner solatnya masih di sajadah, dia biasanya dorong-dorong supaya minggir dan sajadahnya dia beresin. Huhuhuhu saya nangis bangga liatnya. Anaknya siapa sih ini sih :')


Jiwo bisa solat tanpa diajarin lho.. Saya dan suami gak pernah sekalipun nyuruh dia solat atau belajar solat. Sejak kecil, dia hanya dibiasakan untuk sering melihat dan memerhatikan orang solat. Sejak usianya memasuki tahap memerhatikan dan meniru, Jiwo dibiarkan sering melihat orang solat. Jadi, saya gak pernah tuh larang-larang dia deketin atau gangguin orang solat, selama gangguinnya gak benar-benar menganggu. Dia paling gugulingan di sebelah orang solat atau tarik-tarik mukena minta diajak ngomong, tapi gak pernah sampai membuat orang solat harus berhenti. Jadi, dia terbiasa sama aktifitas solat. Dan saat dia udah bisa berdiri, dia mulai diajak "bergabung" deh.. Siapapun yang solat, selalu menggelar satu sajadah lagi dan mendudukan Jiwo di atasnya. Otomatis deh si baby nguwil ini tiru-tiru. Malahan, sekarang dia solatnya udah (sok) khusuk. Selama solat, gak ada satu kata pun keluar dari mulutnya selain "Ba.." dan "In..".

Huhuhu saya bangganya mentok banget sama dia. Anak pinter! Tinggal pelan-pelan belajar doanya ya, Dek.. Trus solat beneran deh ^_^

3 komentar

  1. Jiwooo, gemeeessss.
    semoga jadi anak sholeh, cerdas dan selalui dicintai Allah :*

    BalasHapus
  2. lucu ya Jiwo udh gede, moga gedenya tambah pinter :D

    BalasHapus
  3. kayak ponakan saya, Shasa. Tiap ada yang solat, dia muter nyari mukenanya :D
    Yaa gerakannya masih asal sih, sama kayak Jiwo. Tapi saya seneeeeng banget liatnya

    BalasHapus