Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Dibalik Nama Sujiwo Arkadievich Pramukti


Postingan kali ini, adalah jawaban dari pertanyaan banyak orang: 

Apa makna dibalik nama Sujiwo Arkadievich Pramukti? 

Saya juga gak tau kenapa orang-orang pada penasaran, padahal seinget saya, belom pernah ada orang yang pengen tau nama saya artinya apa. Mungkin nama saya pasaran kali ya, jadi pada bodo amat X)

Baiklah, saya mencoba menjawab. Bukan bukan, bukan saya. Tapi kami. Karena postingan ini ditulis oleh dua orang, saya dan suami. Bapak ibu dari Sujiwo Arkadievich Pramukti. Ini akan panjang, dan sedikit puitis mendekati lebay. Haks :))

Sujiwo Arkadievich Pramukti, nama ini kami racik di beberapa bulan sebelum kelahirannya. Tapi, spesial Sujiwo, adalah doa yang sudah kami siapkan bertahun-tahun sebelum saya hamil. Apapun rangkaiannya nanti, nama anak laki-laki kami adalah Jiwo. Bahkan mimpi tentang anak laki-laki dengan nama ini sampai saya abadikan menjadi tokoh utama sebuah dongeng di sebuah buku, dua tahun sebelum kelahirannya. Kami sudah sangat lama mempersiapkan nama untuk kehadirannya, dan hari ini kami memeluk wujud terindahnya :')

Sujiwo
Nama ini diambil dari bahasa Jawa. Su berarti baik dan Jiwo berarti jiwa. Kalau disambung, kata ini memiliki arti Jiwa yang baik. Jiwa yang menyerap, mengendap dan meluap segala kebaikan. Jiwa kami. Bagian paling suci dari segala yang kami punya.

Arkadievich
Arkadievich adalah paduan dari kata Arkadia dan Evich. 
Arkadia (Αρκαδία) diambil dari nama sebuah daerah di Peloponnesus. Satu tempat yang kerap digambarkan sebagai surga oleh mitologi Yunani kuno. Arkadia adalah tempat tinggal dewa Pan, dewa alam liar dan hutan. Tempat mirip surga ini dipimpin oleh seorang raja pemburu bernama Arcas, demigod keturunan Zeus dan Callisto yang sekarang lebih dikenal dengan cerita Ursa Major dan Ursa Minor (rasi bintang). Apa itu demigod, siapa itu Zeus dan Callisto, bagaimana cerita Ursa Major dan Minor, cari sendiri ya.. baca-baca aja di mitologi Yunani kuno. Bisa jadi buku soalnya kalau saya ceritain di sini. Puanjaaang :))

Nah, dengan latar belakang seperti ini, kaum Arkadia menjadi kaum yang punya kedekatan dengan alam dan kehidupan yang gak suka merusak. Mereka adalah manusia yang sangat manusia. Hidup mereka berburu, bertani, berkerja untuk makan, damai, harmonis dan gak kenal perang. Bahkan, waktu terjadi perang saudara di Yunani, mereka gak ambil bagian.



Evich sendiri adalah imbuhan yang biasa dipakai di belakang nama tengah pria Rusia. Misalnya, Alexander Sergeevich Pushkin. Kenapa Rusia? Karena suami saya, bapaknya Jiwo, adalah penganggum ideologi Komunis. Palu dan Arit. Dua benda yang lagi-lagi, adalah alat bantu manusia untuk bekerja sama dengan alam.

Jika disambung, maka kata Arkadievich menjadi doa yang istimewa namun sederhana. Doa agar anak laki-laki kami menjadi anak semesta. Manusia yang menyadari bahwa hidupnya gak boleh sama sekali sombong dengan semua ciptaan Tuhan. Dia bernafas, berpijak, makan, bahkan hidup, adalah berkat kerja sebuah sistem megah bernama alam semesta. Dia bukan malaikat yang bisa menyantroni langit tujuh lapis saking saktinya, tapi bukan juga hewan yang gak punya hati nurani. Kami hanya ingin dia menjadi manusia yang benar-benar manusia. Tau dirinya siapa dan mengerti hidupnya harus bagaimana. Harmonis dengan semesta beserta isinya.

Pramukti
Pramukti adalah nama belakang bapaknya. Kami sematkan supaya dia gak pernah lupa dengan rahim dan sperma tempat Tuhan menitipkannya di dunia. Darah yang larut dalam tubuhnya, dan mengalirkan doa di setiap detik hidupnya. Pramukti diambil dari kata Pra dan Mukti. Pra berarti sebelum atau sedang menuju. Mukti, berarti kemuliaan. Pramukti yang kami gunakan adalah bahasa Jawa. Karena Pramukti satunya lagi (dalam bahasa Sansekerta), berarti menuju kebebasan dan surga untuk bayi perempuan.

Kalau dirangkai.. Sujiwo Arkadievich Pramukti berarti Jiwa baik kaum Arkadia yang sedang menuju kemuliaan. Makna lain, adalah perpaduan Jawa, Yunani dan Rusia. Kami pinginnya, dia menjadi orang dengan wawasan global, berbudaya lokal. Gaya banget ya? :))



Oke, saya udah bilang ini bakal panjang dan lebay. Semoga yang nanya gak nyesel karena jawabannya panjang, bertele-tele dan sok puitis. Anak pertama gitu kan, lagi hepi-hepinya dong merangkai nama bagus. Semoga anak kedua gak seribet dan sebertele-tele ini ya.. Pusing juga jelasinnya kalo ada yang nanya :))

15 komentar

  1. *speechless*

    bagus banget makna namanya kak :') arti nama tengahnya sungguh kak-pungky-syekaleee, cinta alam :D aku jadi inget dulu awal-awal tau blog kk tuh isinya soal gerakan "hijau" ala kk :3

    mudah-mudahan nanti aku juga bisa pilihin nama yg bagus buat mini-me :D

    BalasHapus
  2. Aku suka sekali dengan postingan ini Mak Pung
    Dan dalam setiap nama, ada doa yang luar biasa.
    Peluk cium untuk Jiwo ya Mak :*

    BalasHapus
  3. Tjakeeeep. Ini yg menarik, Pung. Sekian panjangnya n bagusnya nama itu, kamu tetep maunya manggil Jiwo. Biasanya, ortu modern jaman sekarang mana mau anaknya pake bahasa Jawa gitu. Kalo pun iya, mesti manggilnya Arka deh, atau Evich-nya. Yakinlah, sumpah inyong! :D

    BalasHapus
  4. Wuih nama yang keren.
    Nama anakku paduan Jawa Batak :)

    BalasHapus
  5. Alo Jiwo.. salam kenal dari kaka Thifa dan dedek Hana :)

    BalasHapus
  6. Upiinnn...... *elus2 ketjup2 deodoran*

    BalasHapus
  7. Jiwoooo..huaaaa hayuuk ke kantor tante di Arkadia...ada lo perkantoran hijau Arkadia...tempat kantor pusatku...hihii

    BalasHapus
  8. dari pertama tau aku udh suka sama arkadievichnya. trus manis ada pramuktinya. Tapi emaknya emang agak-agak, Si jiwo gak boleh di panggil arka. -__-

    BalasHapus
  9. Jiwo, namamu keren sekali. Apalah arti sebuah nama, kata pujangga terkenal itu. Tapi nama memiliki arti yang tidak ternilai harganya, ketika nama itu adalah rangkaian doa-doa orangtua.

    Btw, mau dong dede maira difotoin unyu2 kaya bang Jiwo ^^

    BalasHapus
  10. nama rusianya cakep, mak. jadi inget kemarin abis baca novel berlatar rusia. :D hai, jiwo. salam kenal ya. moga doa emaknya dikabulkan atas namamu. aamiin

    BalasHapus
  11. Dalem banget maknanya, nama tengahnya susah buat lidah jawaku..

    BalasHapus
  12. Namanya keren terjawab sudah penasaranku pas buka blog ini :)

    BalasHapus
  13. Weits, filosofi namanya keren pake bangettt mak...

    BalasHapus