Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Penanganan di Rumah Ketika Anak Sakit

Mungkin bagi mama-mama yang lain, anak sakit (apalagi masih bayi) menjadi hal yang super wakwaw. Heboh. Panik. Gelisah. Gak tenang. Dan segala rupa perasaan ala ibu-ibu. Tapi enggak tau kenapa ya, kalau saya, menghadapi anak sakit ya santai-santai aja. gak panik, gak gelisah, gak heboh dan tetep tidur nyenyak bareng si kecil. hehehe. Selama ini Jiwo kalau sakit, Alhamdulillah cuma sebatas pilek, panas dan kecetit. dia lalui dengan planga plongo (mungkin bingung badannya kerasa gak enak), tanpa rewel, tanpa nangis jejeritan dan tanpa susah tidur. Jadi, kalau Jiwo sakit trus pengasuh, bapak dan eyangnya udah heboh ngalah-ngalahin syahrini, saya nya stay cool aja. hahahaha. Toh, kalau Jiwo kenapa-kenapa, saya siap jadi orang pertama dan utama yang bertanggung jawab.



Delapan bulan hidupnya, Jiwo sakit udah sekitar 4-5 kali. Semuanya saya sembuhkan ala saya. Dirawat dengan kasih sayang di rumah. Gak pakai dokter, apalagi obat-obatan. Saya bukan mama yang sedikit-sedikit dokter, sedikit-sedikit obat. Pantang bagi saya punya anak obatan banget, saya percaya kalau sakit-sakit biasa seperti pilek dan panas masih bisa ditangani di rumah. Saya rada gak terima aja, bayi 8 bulan saya badannya udah kecampur sama aneka obat-obatan. Gak. Gak boleh.

Biasanya, kalau Jiwo pilek, saya mengobatinya dengan jemur punggung setiap pagi. Minum ASI lebih sering dan minum air perasan jeruk hangat untuk 'obat' dari dalam. Gak lupa seluruh badannya dilumuri minyak telon dan parutan bawang merah, kalau kata orang Jawa, ini namanya diblonyoi. Saya awalnya gak ngerti kenapa harus pakai bawang merah, setelah googling, saya baru tau kalau bawang merah mempunyai zat yang dapat menyerap racun dari tubuh. Kalau ingusnya meler dan hidungnya mampet, biasanya saya akali dengan terapi uap kamar. Air panas dalam baskom yang ditetesi dengan minyak cap kapak lalu diletakan di dalam kamar, pintu di tutup, kemudian uapnya menjadi teman tidur si Jiwo gembul. Semuanya saya lakukan di rumah, biasanya dalam 3 hari, ingusnya akan berhenti dan anak saya sehat lagi.

Kalau panas, saya biasanya membelikan kompresan modern supaya Jiwo merasa nyaman (tidak terlalu pusing dan tidak terlalu merasa panas), ditempelkan di keningnya seharian dan diganti ketika malam mau tidur. Makan buah-buahan dan minum susu yang lebih hangat dari biasanya. Tentu blonyonya tidak lupa. Blonyo adalah obat andalan pengasuhnya. Wajib banget deh kalau Jiwo sakit. Kalau lagi panas, biasanya tidak saya jemur, tapi hanya saya gendong di teras supaya menghirup udara pagi dan ketempelan sedikit vit. D dari matahari. Waktu mandi juga dikurangi, biasanya hanya 2 hari sekali. Sisanya diseka dengan waslap. Pakai baju hangat supaya keringetan, dan tadaaa! Paling lama 3 hari, panasnya turun dan Jiwo kembali sehat.

Nah, kalau kecetit, obat andalan saya cuma satu: panggil tukang pijet bayi! hahahaha. Namanya Bu Tuti, tukang pijet andalan saya. Tangannya ajaib banget. Kalau Jiwo kecetit dan panas, cuma dengan sekali pijet langsung dingin dan langsung sembuh! Woohoo :D


Jadi, dengan segala rupa penanganan di rumah, saya gak perlu membawa Jiwo ke dokter atau memberikan Jiwo obat-obatan. Diomelin suami dan ibu pengasuh udah sering buanget! mereka sering kekeuh mau ngasih Jiwo obat penurun panas atau bawa Jiwo ke dokter. Sedangkan saya gigih sama perasaan saya sebagai ibu, selama panas badannya masih saya anggap wajar, Jiwo gak rewel dan gak memperlihatkan gejala sakit parah, saya akan menjadi dokter untuk anak saya sendiri. Di rumah. Saya yakin, rumah dan kasih sayang orang tua adalah obat terbaik bagi segala penyakit. Kedengeran sok banget ya? iya emang, kenyataan begitu sih. hahahaha

Oiya, semua penanganan sok-sokan saya itu tau darimana? Mmm.. kalau saya bilang turun dari langit atau hasil semedi kan gak mungkin ya.. Pasti gak ada percaya kalau saya keturunan dewa langit. Jadi, biarlah saya jawab kalau semuanya saya tau dari google, dari forum online ibu-ibu gaul di dunia maya. Pengalaman ibu-ibu lain adalah pelajaran berharga buat saya.. Sisanya, beneran turun dari langit!

Tidak ada komentar