Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Wisata Edukatif untuk Anak-anak di Sekitar Bandung



Papa saya tinggal di Bandung, dan kami otomatis jadi sering ke sana. Namanya eyang yekan, saban weekend pasti ngerayu-rayu cucunya biar jenguk. Iming-imingnya wisata. Saya suka heran sih, lah wisata apaan di Bandung? Buat anak-anak pula. Wisata belanja? Itumah emaknya yang doyan.

Namanya weekend kan pasti penginnya ngajak anak ke tempat wisata yang menarik dan edukatif, ya. Hoiya harus edukatif, saya kan ibu muda masa kini yang suka sok-sokan learning by traveling. HAHA gayamu. Dan demi membahagiakan papa, akhirnya saya mengumpulkan banyak-banyak info tentang wisata edukatif untuk anak-anak di sekitar Bandung. Jadi beneran bisa nengokin sekalian ajak Jiwo wisata.

Gak khawatir sih ngajak anak ke Bandung, apalagi urusan menginap, kan Hotel Murah mah bisa pesan via Traveloka. Hotel Amarroossa Bandung, misalnya. Banyak tuh tempat wisata di dekat Hotel Amaroossa Bandung.

Okedeh buibu, berikut tempat-tempat wisata yang edukatif untuk anak-anak di sekitar Bandung:

Taman Musik Centrum

Ridwan Kamil, Walikota Bandung itu lho, membuat Taman Musik Centrum yang juga dikenal dengan sebutan Taman Pengkolan Funky atau Pengki pada tahun 2014. Taman ini berdiri di Jalan Belitung, Sumur Bandung di atas area seluas 4200 m2. Taman Musik Centrum biasanya jadi tempat kumpul para pemusik untuk mengekspresikan bakatnya.

Taman Musik Centrum, sumber foto: citizenmagz.com


Jadi kalau anak buibu punya kecerdasan musikal, cocok banget deh tuh dibawa ke taman ini. Bisa nonton langsung para pemusik lagi latihan, terutama pada sore hari. Masuk ke taman ini gratis, kok! 

Museum Geologi

Namanya anak-anak kan lagi masa-masanya senang mengenal hewan, ya. Jiwo contohnya, sampai dinosaurus dia seneng banget. Okelah kalau kucing atau beruang gitu, masih bisa dikasih lihat kalau dia penasaran. Lah dinosaurus? Emak bapaknya disuruh beli mesin waktu apa gimana? Hahahaha. Nah cocok deh tuh diangkut ke Museum Geologi Bandung.

Berlokasi di Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, museum yang harga tiketnya hanya Rp 3.000/orang ini, berisi peninggalan-peninggalan sejarah yang berkaitkan dengan geologi. Beberapa diantaranya: fosil hewan, manusia, batu-batuan, bahkan kerangka-kerangka hewan purba berukuran besar. Ya gak plek dinosaurus sih, tapi pasti anak-anak akan mikir ke sana dan kita akan selamat dari rasa penasaran mereka, buibu.. hahahaha gak perlu beli mesin waktu segala gimana caranya? xD

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Satu lagi taman di Kota Bandung yang wajib dikunjungi dan pastinya akan menyenangkan anak-anak: Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Di taman ini, anak-anak bisa belajar tentang rambu-rambu lalu lintas. Penting sih buat saya, karena semua orang akan jadi pengguna jalan raya toh? Termasuk anak-anak kita.

Fasilitas yang ada di taman ini benar-benar memanjakan anak-anak. Nggak hanya mengenal rambu-rambu lalu lintas, anak-anak juga bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas bermain, seperti ayunan, kolam renang, kolam pancing, sepeda mini, flying fox, kereta mini, dan lain-lain. Sebagian fasilitas itu dikenakan biaya sewa, tetapi harganya super terjangkau. 

Taman lalu Lintas, sumber foto: ngasihtau.com

Masjid Raya Bandung

Waktu saya ke sini, saya takjub banget. Karena masjid kebanggan warga Bandung ini betul-betul instagramable! Hahaha. Bagus banget asli, apalagi di depannya ada taman yang rumputnya sintetis gitu kayak lapangan bola. Ya secara warga Bandung memang penggemar bola, Persib nu aing gitu loh. Bhahahak *apa hubungannya* 

Bangunan Masjid Raya Bandung ini beneran megah dan indah, dilengkapi dua menara serupa yang bisa dinaiki (tapi dengan biaya tiket). Dari atas menara itu kita bisa menyaksikan sebagian panorama Kota Bandung. Wisata yang murah meriah, tapi pasti akan berkesan untuk anak-anak. Setelah wisata, bagi yang muslim, bisa langsung mampir ke Masjid Raya Bandung untuk menunaikan ibadah salat, kan? :D

Spa Keluarga dan Refleksi Ola

Udah capek? Pulang jalan-jalan, bisa mampir dulu ke Spa Keluarga dan Refleksi Ola di Jalan Bahureksa Citarum. Spa yang satu ini top bingits, karena melayani semua usia termasuk anak-anak. Jadi beneran spa keluarga gitu. Biaya terapinya juga cukup terjangkau. 

Anak-anak dipijat? Hoiyadong! Namanya bocah kalau pegel, rewelnya bisa bikin acara liburan keluarga jadi gak seru. Lagian kasian juga kalau cuma keluarga yang pijat dan si anak nonton, makanya pilih sekalian deh spa yang bisa buat anak-anak juga. Badan enak, liburan enak.

Demikian ya buibu, wisata edukatif untuk anak-anak di aekitar Bandung. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar