Arkadia. Diberdayakan oleh Blogger.

Wisata Ramah Anak di Dataran Tinggi Dieng


Jalan-jalan ke dataran tinggi Dieng, bisa jadi dilema buat banyak buibu dan pakbapak. Ya gimana, tempat yang disebut-sebut negeri di atas awan ini emang menyuguhkan banyak wisata alam yang wow, tapi gimana caranya menikmati itu kalau bawa anak? Masa anak dibawa trekking? Hiking? Yang ada liburan jadi repot, dong!

Oh tenang, kemarin Jiwo baru main ke sana dan hepi! Ternyata ada tempat-tempat yang kids friendly, dengan tanpa mengurangi kesenengan orang gedenya. Kesenengan orang gedenya, bahasa cam apa ini? -_-


1. D'Qiano Waterpark



Berada dekat Kawah Sikidang yang termahsyur itu, D'Qiano menyuguhkan wisata air yang nyaman dan seru buat anak-anak. Di sini, kita bisa berenang ditemani kabut dan udara dingin khas pegunungan. Bukan, bukan sekedar kolam untuk berendam gitu. Tapi D'Qiano betul-betul waterpark dengan seabrek permainan di dalamnya. Water slide, ember tumpah, air mancur, sampai kolam semi olympic.

Airnya panas? Haiya jelas, kalau dingin nanti jadi debus, dong. Air panas alami pegunungan yang agak butek karena memang mengandung belerang. Iya, air yang mancur-mancur itu air panas. Termasuk air yang mengalir di perosotan, semuanya panas. Kebayang? Main air, airnya panas, ditemani lanskap perbukitan dataran tinggi Dieng. Jiwo girang beut keciprukan di sini.

Ada tiga kolam yang disediakan. Kolam anak yang penuh permainan, kolam semi olympic, dan kolam... saya gak tau apa namanya. Pokoknya kolam yang terakhir ini, kata mas suami, bisa buat nyeduh wedang jahe. Saking panasnya. Buat Jiwo, jelaslah ya di kolam anak, karena cetek dan panas airnya pas.


Untuk semua keseruan ini, harga tiket masuknya 20ribu saja per-orang. Kalau lapar, bisa jajan karena di sana disediakan warung-warung beserta jajaran meja untuk mamam mamam lucu. Tenang, harganya harga normal kok. Mie rebus yang mecinnya surga banget itu, nggak sampai 10ribu sudah plus telor dan sawi. Dingin dingin makan mie rebus panas pakai telor, sawi, dan rawit.. bahagia memang semecin itu, nak.


2. Telaga Merdada


Saya baru tau deh di Dieng ada telaga selain telaga warna bahahahaha kapan sih ibu Jiwo ini nggak kuper?

Telaga Merdada ini danau terluas di dataran tinggi Dieng. Dia danau tadah hujan, jadi airnya ya air hujan ya masa air ketuban. Tempatnya asik buat anak-anak, di depan telaga ada lahan yang disediakan kayu-kayu buat duduk. Jadi Jiwo lari-larian deh di situ. Sambil cari belalang, sambil belajar soal kabut yang sering dateng sering ngilang, sambil nyanyi-nyanyi, sambil nungguin bapaknya kayaking.



Iya, di telaga ini ada wahana perahu kayak. Naiknya 50ribu aja per jam, sudah termasuk life jacket, helm, dan kawalan tim rescue. Plusss.. bonus nasi jagung, peyek, dan teh anget. Jadi orang gede pada kayaking, anak sama ibu ngemil-ngemil nasi jagung di rerumputan. Ibu Jiwo ini mana mau kayaking, nanti kalo kecebur kan malas ya poles gincunya lagi. Mending aja ngunyah peyek sambil nemenin Jiwo cari belalang.

3. Kawasan Candi Arjuna


Kalau yang ini, wisata sambil belajar. Tempatnya luas dan lapang, jadi Jiwo sambil belajar candi, bisa sambil lari-larian. Gapapa, asal nggak teriak-teriak yang jerit gitu. Karena gimanapun inikan tempat suci ya. Jadi kalau anak udah jerit-jerit, ya lebih baik bawa keluar.

Asiknya, di halaman parkirnya banyak kang jajan bhahahaha Ada kentang goreng Dieng yang ntap soul itu lho. Ada juga jamur krispi yang enak tapi keras HAHA. Abis belajar dan main-main di arena candi, anak jadi bisa jajan-jajan biar hepi. Kentang gorengnya sehat kok, asal nggak ditaburi bubuk mecin yang disediakan.

Di sebrangnya juga ada museum, tapi nggak saya rekomendasikan buat bawa balita ke situ. Karena banyak pajangan yang ditaruh gitu aja tanpa tempat khusus, jadi rawan kesenggol apalagi kalau anaknya tipe yang seneng pegang-pegang. Mending main-main di kawasan candinya aja, lapang dan nyaman buat anak-anak.

4. Surya Yudha Park


Ini sebenernya nggak di Dieng sih, tapi Banjarnegara. Cuma kan masih satu kabupaten yaa, jadi saya masukin lah barangkali setelah dari Dieng mau bawa anaknya nginep lagi.



SYP ini hotel, tapi punya banyak wahana yang asik buat keluarga terutama anak-anak. Kayak waterpak yang luas dan mainan airnya macem-macem, family karaoke, playground, cafetaria, juga bioskop. One stop entertainment gitu. Jiwo sampe nggak mau pulang pas nginep di sini.

Saya seneng nginep di hotelnya, soalnya harga makanan di restonya murah dan bisa room service tanpa biaya tambahan. Saya sama Jiwo makan soto, ayam bakar, sama jus jeruk, cuma abis 60ribu! Dimana coba ada hotel harga makanannya segitu? Rasanya juga enak, jadi Jiwo makannya lahap. Komplit deh hepinya!

1 komentar